Tupoksi dan Kedudukan

Kedudukan
Sekretariat DPRD Provinsi merupakan unsur pelayanan terhadap DPRD yang
dipimpin oleh seorang Sekretaris Dewan yang dalam melaksanakan tugasnya
secara teknis operasional berada di bawah dan bertanggung jawab kepada
Pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggung jawab kepada Gubernur
melalui Sekretaris Daerah.

Tugas Pokok dan Fungsi
(
1) Sekretariat DPRD mempunyai tugas menyelenggarakan administrasi
kesekretariatan, administrasi keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan
fungsi DPRD, dan menyediakan serta mengkoordinasikan tenaga ahli yang
diperlukan oleh DPRD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.
(2) Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1),
Sekretariat DPRD mempunyai fungsi:
a. penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD;
b. penyelenggaraan administrasi keuangan DPRD;
c. penyelenggaraan rapat-rapat DPRD;
d. penyelenggaraan penyerapan aspirasi dan informasi, kehumasan dan
keprotokolan DPRD;
e. penyediaan dan pengkoordinasi tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD;
f. penyelenggaraan dokumentasi dan publikasi produk hukum DPRD; dan
g. penyelenggaraan penyusunan produk hukum DPRD dan bahan kajian
rancangan peraturan daerah.
(3) Sekretariat DPRD dipimpin oleh seorang Sekretaris Dewan yang secara teknis
operasional berada di bawah dan bertanggungjawab kepada pimpinan DPRD
dan secara administratif bertanggung jawab kepada Gubernur melalui
Sekretaris Daerah Provinsi.